RSS Subscribe

Kamis, 27 September 2012

BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR

sebelum kita mulai ke subtopik mengenai BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR, agan agan tentunya sudah pada tahu apa itu lobster air tawar. penting untuk diperhatikan, sebelum kita memulai peluang usaha budidaya lobster air tawar/LAT. alangkah baiknya kita mengenal dulu jenis-jenis lobster air tawar itu bagaimana dan sepeerti apaa,, nahh,, saatnya kita mengenal beberapa jenis lobster air tawar/LAT,, yuuk cekodootttttttt.......

untuk yang satuu ini adalah jenis red clawn



red clawn ini mempunyai ciri yaitu ada warna merah dibagian capitnya. bisa agan lihat sendiri kan..
untuk jenis ini biasanya bisa mencapai berat sampai 30g/ekor, selain itu jenis ini juga yang sering banyak dikonsumsi, selain ukurannya yang lumayan big, red clown ini juga mempunyai rasa yang yummii..

nah sekarang sudah tahu kan sedikit ciri ciri dari LAT red clown, apa masih kurang. ini dia yang paling penting untuk dikeahui, yuup,, seperti apa sih/ bagaimana ciri dari LAT jantan sama betina, langsung aja kita simak.

untuk LAT red clawn jantan bisa dilihat dari bagian pangkal kaki terakhir/ke 5 dimulai dari capit yang paling besar yaitu ada tonjolannya.
untuk betina yaitu bisa dilihat pada kaki ketiga dari arah capit/ekor, yaitu ada sepasang lubang pada pangkal kakinya.


next, sudah cukup kan tentang infonya,, so sekarang kita mulai untuk belajar BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR jenis red clown.. yuuuuk simakk....


Syarat Hidup :
Air Tawar
Suhu air 24-32 derajat celcius
PH air Optimal 7 toleransi 6,5 - 8
Kadar Zat kimia seperti Fe,Zn,Mg, dll harus minimal
Wadah/tempat pemeliharaan :

Aquarium 75cm-100cmx50cmx40cm ( p x l x t ) utk 1set indukan (5betina, 3jantan) jumlah disesuaikan dg kebutuhan (aquarium pemijahan, Karantina & penetesan)
Rak untuk Aquarium jumlah tingkat disesuaikan dengan kebutuhan
Pompa air (power head), dan atau pompa udara (aerator)
Kolam semen, bak fiber, kolam terpal, box atau kontainer, dll
Kolam tanah (ini sangat dianjurkan utk pembesaran/utk LAT Konsumsi)
Media sembunyian : paralon/pipa, roster,tali rafia, waring, karung sayuran/bawang,daun- daunan,ijuk, tanaman air dll

Budidaya LAT Dibagi 2
Pembenihan ((Hatchery), yaitu memelihara indukan dan menghasilkan bibit (ukuran 2 inch up atau 5 – 7 cm, diukur dari ujung ekor sampai ujung kepala).
Pembesaran (Raiser), yaitu memelihara bibit dan menghasilkan lobster konsumsi (berat rata2 100gram/ekor, ukuran rata-rata 6 inch).
Cara Pemeliharaan :

Pengontrolan kwalitas air
Pemberian Pakan yang teratur (10% dr total berat badan LAT) dapat berupa pelet udang, sayuran, bekicot, cacing sutra dalam hal ini LAT adalah bersifat Omnivora (pemakan segala)
Penyortiran : Penyeragaman ukuran Lobster dalam satu kolam, penyortiran indukan yang bertelur,kena penyakit, molting dan atau kelamin.
Pakan

Sebenarnya untuk pakan LAT ini sangat mudah karena LAT adalah Omnivora (pemakan segala) hanya saja yang menjadi acuan kandungan proteinnya apakah cukup atau tidak, utk pakan yang baik kandungan proteinnya 20%-40% dan apakah pakan ini mudah busuk atau tidak dan memiliki aroma yang menarik bagi lobster karena lobster mencari makan menggunakan indra penciuman dan memiliki nutrisi-nutrisi yang baik untuk pertumbuhan LAT.

Pakan lobster bisa berupa : Pakan Alami seperti kutu air,jentik nyamuk,cacing rambut,cacing sutra, cacing tanah, dll. Pakan Buatan seperti Pelet.

Kelamin Lobster dalam Hal Ini Red claw

Ciri Lobster jantan: capit lebih besar, di ujung capit ada lis berwarna orange/merah, di pangkal kaki terakhir ada tonjolan berupa alat kelamin.

Ciri Lobster Betina: capit lebih kurus dan polos, di pangkal kaki ketiga ada bulatan bening berupa alat kelamin.

Untuk Yabby hampir sama dengan Red claw hanya saja dicapit yang jantan tidak ada strip merahnya, capit betina hampir sama besar dengan yang jantan hanya lebih kecil sedikit.

Untuk Clarkii letak kelamin sama dengan red claw hanya untuk yang jantan dapat dilihat juga dengan adanya empat kaki didekat kaki renangya.

Indukan LAT
Indukan LAT yang baik/berkwalitas dapat dilihat dari penampilannya yang sehat, berwarna cerah, mempunyai organ yang lengkap dan berukuran besar. Indukan biasanya sudah berukuran 50-70gr yang berumur 6bulan dan bukan dari hasil kawin sedarah (inbreeding). Indukan yang di rekomendasikan adalah yang berukuran 5 inch up (5.5") hanya saja biasanya ukuran4 inch up sudah bisa dipijahkan karena ukuran sebesar ini biasanya masih subur-suburnya (suka kawin) bisa dibilang lagi ganjen-ganjennya...........

Pembenihan/Pemijahan
Wadah pembenihan/pemijahan dapat disesuaikan dengan lokasi dan dana yang tersedia, wadah bisa aquarium yang biasanya diisi hanya dengan satu set Indukan (5betina, 3jantan) dengan ukuran 100cmx50cmx40cm, kolam semen untuk pemijahan massal. Biasanya untuk pemijahan/pembenihan ini kita juga harus menyediakan wadah utk Pengeraman, penetasan (utk wadah penetasan bisa pake wadah pengeraman, jd setelah burayak turun gendong hanya indukannya saja yg dipisah), dan wadah karantina (satu aquarium bisa disekat-sekat) untuk indukan setelah burayak turun gedongannya. 

nah itulah sekilas pembelajaran tentang BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR,,,
semoga info tersebut bermanfaat bagi agan pembaca blog ini..



              




                

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa untuk mengomentari tautan diatas.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More