RSS Subscribe

Minggu, 08 Juli 2012

tips menghindari stress


zero 2 Hero kali ini akan mengupas tentang beberapa tips menghindari stres. diantara sela-sela kesibukan kehidupan umat manusia pada tahun 2012 ini, tidak bisa dipungkiri bahwa kesibukan-kesibukan yang kita hadapi saat ini akhirnya akan menimbukan masalah yang sering disebut STRES. stres ketika kita menghadapi pekerjaan, kuliah, sekolah atau apapun, semua itu karena kita tidak bisa menikmati dan menerima keadaan yang sedang kita hadapi saat ini. ( framadhans )

pengertian stres
Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. (ref:edy64).
Stres tidak selalu buruk, walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif, karena stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil. Sebagai contoh, banyak profesional memandang tekanan berupa beban kerja yang berat dan tenggat waktu yang mepet sebagai tantangan positif yang menaikkan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan yang mereka dapatkan dari pekerjaan mereka.
Stres bisa positif dan bisa negatif. Para peneliti berpendapat bahwa stres tantangan, atau stres yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, beroperasi sangat berbeda dari stres hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai tujuan.Meskipun riset mengenai stres tantangan dan stres hambatan baru tahap permulaan, bukti awal menunjukan bahwa stres tantangan memiliki banyak implikasi yang lebih sedikit negatifnya dibanding stres hambatan.

Gejala stres
Kita tahu bahwa stres bisa terlihat didalam tubuh karena gejala-gejalanya, dan anda akan menemukan sangat banyak gejala-gejala stres. Gejalanya tidak khusus dan secara mudah dapat disalah artikan untuk kondisi yang lain. Satu hal yang pasti, orang bereaksi dengan berbeda ketika mengalami stres dan anda dapat kadang-kadang tidak dapat mengenali kehadiran stres dalam hidup anda. Stres secara garis besar mempengaruhi dari 3 bagian dari tubuh yaitu perilaku, pikiran dan tubuh. Gejala mempengaruhi fisik tubuh ketika datang dari mental pikiran. Perilaku dipengaruhi oleh perasaan kita. Periksa gejala-gejala pada tubuh anda dan ketahui apakah anda menderita stres.

 nahh.... !!!
untuk semua masalah stres diatas, saya akan mencoba untuk memberikan tips-tips untuk menghindari stres ala zero 2 hero, diantaranya yaitu :

  • bercanda ria 
ketika kita diarahkan pada hari-hari yang padat, apa salahnya jika kita luangkan sedikit waktu untuk bercanda dengan teman kerja, sekolah, kuliah, bahkan dengan keluarga atau someone special.
bercanda atau canda, adalah metode yang ampuh untuk menghilangkan stres tingkat rendah, ketika kita tengah asyik dan hanyut dalam canda, semua masalah akan surut dari pikiran kita, dan canda pula akan mengeluarkan energi positif yang mampu mengusir stres.




  • menikmati secangkir kopi.
tidak ada salahnya jika anda mencoba menikmati sedikit waktu luang anda dengan secangkir kopi panas, ditemani beberapa cemilan yang sesuai dengan selera anda. wah manteeep tuuhh.... !!! dengan menikmati makanan atau minuman, sejenak kita akan terhindar dari masalah stres disela-sela kesibukan anda.








0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa untuk mengomentari tautan diatas.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More